Cara Mengatasi Jaringan 4G Tidak Bisa Digunakan di BlackBerry Z10

Jaringan sangat menentukan mood dalam berselancar di internet, sudah asyik menonton film eh buffering. Apalagi bagi pengguna BlackBerry OS 10 tipe Z10, yang terdapat mode jaringan 4G dipilihan, akan tetapi jaringan tersebut tidak dapat digunakan.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan cara untuk mengatasi masalah jaringan 4G yang tidak dapat digunakan di BBZ10 ini. Akan tetapi, sebelum melakukan cara ini, harap untuk melihat versi BBZ10 kalian terlebih dahulu, karena BBZ10 ini memiliki empat (4) tipe, untuk mengetahui versinya adalah dengan beberapa cara sebagai berikut:

Mengetahui Versi BlackBerry Z10

Cara 1
  1. Masuk ke Pengaturan (Setting)
  2. Pilih menu Tentang Perangkat
  3. Lihat versi
Cara 2
  1. Matikan perangkat BBZ10 kalian, jika masih dalam keadaan hidup, jika tidak abaikan.
  2. Buka tutup baterainya
  3. Cabut baterai dari tempatnya
  4. Lihat versi

Provider untuk BlackBerry Q10 berdasarkan Versi

Jika sudah mengetahui versinya, silakan untuk mengikuti menggunakan provider berdasarkan versi BBZ10 kalian, agar kalian dapat menggunakan jaringan 4G ini.

BBZ10 STL100-1 (STL 1)
Untuk kalian pengguna BBZ10 dengan versi ini, kalian harap bersabar, karena tipe ini tidak didukung jaringan 4G.

BBZ10 STL100-2 (STL 2)
Bagi kalian pengguna BBZ10 dengan tipe STL 2 ini, kalian dapat bersyukur lega, karena kalian bisa menggunakan semua jenis kartu 4G yang ada di Indonesia.

BBZ10 STL100-3 (STL 3)
Sedangkan untuk tipe STL 3 yang sudah didukung dengan jaringan 4G, dan saat kalian menggunakan provider (TRI, INDOSAT OOREDOO, XL AXIATA, TELKOMSEL) yang sudah 4G, tapi jaringan tersebut tidak berfungsi. Kalian bisa menggunakan provider yang semula mengusung jaringan CDMA, yakni SMARTFREN untuk dapat menggunakan jaringan 4G-nya. Perlu diingat! Gunakan kartu SMARTFREN yang GSM, bukan yang CDMA ya!

BBZ10 STL100-4 (STL 4)
Sedangkan untuk tipe ini, kalian harus bersabar layaknya pengguna STL 1, meskipun tipe Z10 ini sudah didukung dengan jaringan 4G, akan tetapi sinyal 4G yang diusung tidak tersedia atau dengan kata lain tidak digunakan oleh provider di Indonesia, dan otomatis kalian tidak dapat menggunakan jaringan 4G di BB Z10 kalian.

Mungkin itu yang bisa saya berikan, semoga tulisan saya ini bermanfaat tentang cara mengubah jaringan 3G, H+ menjadi 4G dan cara menggunakan jaringan 4G di BBZ10 ini.