Cara Mengatasi Jaringan 4G Tidak Bisa Digunakan di BlackBerry Q10

Jaringan sangat menentukan mood dalam berselancar di internet, sudah asyik menonton film eh buffering. Apalagi bagi pengguna BlackBerry OS 10 tipe Q10, yang terdapat mode jaringan 4G dipilihan, akan tetapi jaringan tersebut tidak dapat digunakan.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan cara untuk mengatasi masalah jaringan 4G yang tidak dapat digunakan di BBQ10 ini. Akan tetapi, sebelum melakukan cara ini, harap untuk melihat versi BBQ10 kalian terlebih dahulu, karena BBQ10 ini memiliki lima (5) tipe, untuk mengetahui versinya adalah dengan beberapa cara sebagai berikut:

Mengetahui Versi BlackBerry Q10

Cara untuk mengetahui versi dari BlackBerry Q10 yang kalian miliki dengan:
  1. Masuk ke Pengaturan (Setting)
  2. Pilih menu Tentang Perangkat
  3. Lihat versi

Provider untuk BlackBerry Q10 berdasarkan Versi

Jika sudah mengetahui versinya, silakan untuk mengikuti menggunakan provider berdasarkan versi BBQ10 kalian, agar kalian dapat menggunakan jaringan 4G ini.

BBQ10 SQN100-1 (SQN 1)
Untuk tipe ini sudah didukung dengan jaringan 4G, dan saat kalian menggunakan provider (TRI, INDOSAT OOREDOO, XL AXIATA, TELKOMSEL) yang sudah 4G, tapi jaringan tersebut tidak berfungsi. Kalian bisa menggunakan provider yang semula mengusung jaringan CDMA, yakni SMARTFREN untuk dapat menggunakan jaringan 4G-nya. Perlu diingat! Gunakan kartu SMARTFREN yang GSM, bukan yang CDMA ya!

BBQ10 SQN100-2 (SQN 2)
Bagi kalian pengguna BBQ10 dengan tipe SQN 2 ini, kalian harap bersabar, karena kalian tidak bisa menggunakan semua jenis kartu 4G yang ada di Indonesia.

BBQ10 SQN100-3 (SQN 3)
Sedangkan bagi kalian pengguna BBQ10 dengan tipe SQN 3 ini, kalian dapat bersyukur lega, karena kalian bisa menggunakan semua jenis kartu 4G yang ada di Indonesia.

BBQ10 SQN100-4 (SQN 4)
Seperti halnya dengan tipe SQN 2, pengguna SQN 4 juga tidak bisa menggunakan jaringan 4G yang sudah ada di perangkat mereka, karena jaringannya 4G yang tersedia atau tidak didukung di Indonesia.

BBQ10 SQN100-5 (SQN 5)
Sedangkan bagi pengguna SQN 5, kalian bisa menggunakan provider SMARTFREN untuk dapat mengakses internet menggunakan jaringan 4G.

Mungkin itu yang bisa saya berikan, semoga tulisan saya ini bermanfaat tentang cara mengubah jaringan 3G, H+ menjadi 4G dan cara menggunakan jaringan 4G di BBQ10 ini.