Cara Mengatasi Laptop yang Tiba-tiba Mati Saat Install Ulang

Install ulang merupakan aktifitas yang kadang membuat jengkel, tapi hal ini harus kita lakukan apabila laptop/komputer kalian terinfeksi virus yang sangat membandel. Meski laptop/komputer sudah terpadang antivirus, tapi tetap saja tidak bisa hilang. Namun, ada satu masalah lagi, yakni pada saat proses install ulang berlamgsung, terkhusus pada OS Windows (XP, Vista, 7, 8, 8.1 dan 10), laptop/komputer tiba-tiba mati dengan sendirinya, sehingga menyebabkan kegagalan install ulang. Untuk itu, pada kesempatan kali saya akan membagikan informasi tentang cara mengatasi laptop/komputer yang tiba-tiba mati saat proses install ulang, tapi sebelum mengatasinya, harap untuk mengetahui masalahnya terlebih dahulu.

Penyebab Laptop Mati Mendadak saat Install Ulang

Penyebab laptop mati secara mendadak sangat banyak saat proses install ulang, tapi terdapat tiga (3) masalah yang sering ditemui, di antaranya:
  1.  Laptop Overheat (Terlalu Panas)
  2.  Laptop Terserang Virus Mikro
  3.  Komponen Hardware Tidak Terpasang dengan Baik

Cara Mengatasi Laptop Mati Berdasarkan Penyebabnya

Laptop Overheat (Terlalu Panas)

Masalah ini sering terjadi di prosesornya, karena jika prosesor ini terlalu panas, laptop biasanya memerintahkan harddisk untuk mematikannya, sedangkan cara mengatasinya adalah dengan memberikan pendingin laptop atau mengarahkan kipas angin tepat ke arah laptop. 

Laptop Terserang Virus Mikro

Virus mikro adalah virus yang tidak bisa dihapus walau diformat sekaligus, sehingga walaupun kita install ulang laptop, virus itu akan tetap ada, karena virus tersebut menyerang harddisk. Cara mengatasinya adalah dengan melaukan format di harddisk-nya dengan menggunakan pilihan full format bukan quick format.  Jadi kalian harap bersabar menanti proses format selesai, tapi tenang, kalian masih bisa menggunakan laptop kalian untuk aktifitas lainnya.

Komponen Hardware Laptop Tidak Terpasang dengan Baik

Pada masalah ini biasanya terjadi di VGA, RAM, DVD Drive, Sound, dan komponen lainnya yang tidak terpasang dengan baik. Solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan mencabut komponen yang tidak pasang dengan baik, tapi sebelum melepasnya, pastikan bahwa laptop tidak terdengan bunyi tat-tit-tut (beep) sama sekali. Jika sudah dicabut, langsung pasang kembali dengan kencang.

Mungkin itulah solusi mengatasi laptop yanh tiba-tiba mati saat install ulang, semoga bermanfaat.