Root BlackBerry OS 10

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan informasi mengenai cara Root BB OS 10 (BB Z3, BB Z10, BB Z30, BB Q5, BB Q10, BB Q20, BB Leap, BB Classic, BB P9982, BB P9983 dan BB Passport) karena banyak sekali yang bertanya kepada saya tentang hal itu, baik melalui e-mail pribadi, telepon, SMS, maupun via WhatsApp saya.

Sejarah Pembuatan BlackBerry OS 10

Kebanyakan dari mereka semua bertanya mengenai cara root BB 10 ini karena kurangnya support produk Andoid di perangkat BB 10. Entah, saya sendiripun heran, kenapa pihak BB tidak mau memberikan akses penuh di perangkat BB 10. Namun, dari rumor yang beredar beberapa tahun silam, pihak BB tidak menginginkan software buatnya hangus di pasaran, sehingga pihak BB sendiri menginginkan agar produk BB tetap berkembang mengikuti jaman. Oleh sebab itulah muncul ide pembuatan BlackBerry 10.

Mungkin itu sekilas informasi mengenai kemunculan BB 10. Langsung saja kita kembali ke topik utama, yakni masalah root BB 10. 

Cara Root Android BlackBerry 10

Sebenarnya cukup mudah untuk menjawab masalah ini, tapi sebelum itu saya ingin memberikan wawasan kepada kalian yang mungkin awam di dunia IT dengan sebuah contoh.
  • BlackBerry OS 10 adalah Sistem Utama.
  • Android BB 10 adalah sebuah Aplikasi yang merangkap sebagai Sistem.
Jadi, seandainya Android BB 10 itu hilang dari BlackBerry 10, maka tidak akan mempengaruhi kinerja dari BB 10 itu, dikarena Android itu hanyalah sebuah Aplikasi. Namun, jika yang rusak adalah BlackBerry OS 10, dapat dipastikan ponsel kalian tidak bisa digunakan kecuali kalian memperbaiki sistem tersebut dengan melakukan flash.

Itu adalah gambaran singkatnya, jika masih bingung mungkin pada kesempatan lainnya saya akan memberikan contoh yang bisa kalian pahami. Namun untuk saat ini, saya belum bisa karena dalam keadaan ngantuk berat, hehehe.

Oklah, dalam istilah anak IT, BlackBerry OS 10 adalah Sistem Operasi sedangkan Android BB 10 adalah sebuah Emulator. Jadi yang namanya Emulator, kalian bisa gunakan layaknya Sistem Operasi aslinya. Namun, kelemahan dari Emulator itu sendiri adalah kalian tidak bisa menyamakan 100% seperti sistem operasi utama, sehingga dalam hal ini, Android BB 10 tidak bisa disamakan dengan Android yang terpasang pada smartphone Android, dengan kata lain Android BB 10 tidak bisa di-root karena hanya sebuah sistem operasi yang menempel pada sistem operasi lain..

Cara Root BlackBerry OS 10

Ada pertanyaan lagi, "Lantas, jika Android di BB tidak bisa di root, bagaimana cara kita untuk root Sistem Utama BB 10 itu sendiri?".

Sebuah pertanyaan yang sampai saat ini masih menjadi pertanyaan bagi semua orang pengguna BB 10 di seluruh dunia. Namun ,akan saya jawab dengan sangat mudah dan tanpa perlu adanya penelitian karena itu sudah menjadi passion saya sebagai mahasiswa IT. (agak sedikit sombong, hehehe, becanda ya!).

Kenapa Android bisa di-root dan BB OS 10 tidak bisa? Karena Android sifatnya open source sedangkan BlackBerry OS 10 sifatnya closed source, sehingga pihak BB 10 tidak ingin orang/pihak lain mengetahu sistem keamanan mereka. Oleh sebab itulah sampai saat ini BlackBerry menjadi salah satu perusahaan dengan sistem keamanan yang susah ditembus.

Jadi inti dari tulisan mengenai root BB10 adalah bahwa BB 10 tidak bisa di-root, jika kalian pernah melihat BB 10 dengan sistem operasi Full Android, itu aslinya adalah HP Android yang menggunakan tempat milik BB 10 sebagai frame-nya atau bisa dikatakan BlackBerry Replika, BlackBerry KW Super atau apalah sebutannya.

Semoga tulisan saya ini bisa mengurangi pertanyaan kalian mengenai root BB 10, dan tidak melakukan hal-hal bodoh yang mungkin bisa menyebabkan HP kalian jadi rusak bahkan bisa mati total. Cukup sekian dan terima kasih sudah membaca tulisan saya mengenai cara root BB 10 yang lumayan panjang ini dan menemukan jawaban yang mungkin bisa kalian anggap tidak berguna, hehe.