Penggunaan Tetapi, Akan Tetapi, dan Namun

Kadang saya sering bingung, terkait soal penggunaan kata tetapi, akan tetapi, dan namun. Dulu sebelum belajar bahasa Indonesia lebih mendalam, saya sering menggunakan kata 'tapi'. Akan tetapi, ketika saya mengetahui bahwa kata tersebut tidak baku, secara perlahan saya mulai mengubah kebiasaan penggunaan kata tersebut.

Baiklah, itu sekilas tentang awal mula kesalahan saya menggunakan kata penghubung. Kemudian, saya akan memberitahukan penggunaan kata penghubung tetapi, akan tetapi, dan namun.

Pengertian Kata Penghubung

Kata penghubung merupakan kata yang digunakan untuk menghubungkan satu kalimat dengan kalimat lainnya. Terdapat dua jenis kalimat penghubung, antarkalimat (berbeda kalimat) dan intrakalimat (dalam satu kalimat).

Kata Penghubung Antarkalimat

Kata penghubung antarkalimat yang umum digunakan, yakni namun dan akan tetapi. Kata penghubung antarkalimat selalu diawali dengan tanda 'titik'.

Contoh.
  1. Aku sudah bersusah payah membangun istana pasir. Namun adikku tiba-tiba datang dan menghancurkannya.
  2. Suara Judika memang bagus. Akan tetapi dia tidak cocok menyanyikan lagu dangdut.

Kata Penghubung Intrakalimat

Kata penghubung intrakalimat yang umum digunakan, yakni tetapi. Kata penghubung intrakalimat selalu diawali dengan tanda 'koma'.

Contoh.
  1. Aku sudah bersusah payah membangun istana pasir, tetapi adikku tiba-tiba datang dan menghancurkannya.
  2. Suara Judika memang bagus, tetapi dia tidak cocok menyanyikan lagu dangdut.

Contoh Penggunaan Kata Penghubung

Untuk lebih memahami penggunaan kata penghubung. Saya akan memberikan dua kalimat, dan tuntunya kalimat tersebut harus dihubungkan dengan kata penghubung.
  • Aku sedang makan bakpao.
  • Ibu menyuruhku membelikan mochi.
Tetapi
Aku sedang makan bakpao, tetapi ibu menyuruhku membelikan mochi.

Akan Tetapi
Aku sedang makan bakpao. Akan tetapi ibu menyuruhku membelikan mochi.

Namun
Aku sedang makan bakpao. Namun ibu menyuruhku membelikan mochi.

Itulah sedikit informasi yang dapat saya berikan terkait penggunaan kata penghubung tetapi, akan tetapi, dan namun. Semoga tulisan saya bermanfaat untuk kalian.